An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan)
Vol. 3 No. 4: Juli 2024

ANALISIS PENGARUH TEKANAN PSIKOLOGIS DAN BEBAN TUGAS TERHADAP KESEJAHTERAAN MENTAL SANTRI: STUDI KASUS Studi Kasus santri pondok pesantren Safiinatunnaja (PPQSN) di Mekarsari Rt 05 Rw 11 Kalibeber Mojotengah

Misbahudin (Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Sains Al-Qur'an Jawa Tengah di Wonosobo)
Hidayatu Munawaroh (Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Sains Al-Qur'an Jawa Tengah di Wonosobo)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tekanan psikologis dan beban tugas terhadap kesejahteraan mental santri di Pondok Pesantren Safiinatunnaja (PPQSN) Mekarsari Rt 05 Rw 11 Kalibeber Mojotengah Menggunakan metode kualitatif, studi ini mengeksplorasi pengalaman santri melalui wawancara mendalam dan observasi langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tekanan psikologis santri disebabkan oleh tuntutan akademik, harapan orang tua dan ustaz, serta persaingan antar santri, yang berdampak pada stres, kecemasan, dan masalah kesehatan mental. Beban tugas santri mencakup tugas akademik, kegiatan ekstrakurikuler, dan kewajiban harian, yang menyebabkan kelelahan mental, ketidakseimbangan kehidupan, dan perasaan tertekan. Santri menerapkan strategi coping seperti manajemen waktu, dukungan sosial, dan teknik relaksasi untuk mengatasi tekanan tersebut. Penelitian ini merekomendasikan penyesuaian beban tugas, program kesehatan mental, dan komunikasi terbuka antara santri, ustaz, dan orang tua untuk meningkatkan kesejahteraan mental santri. Temuan ini memberikan wawasan penting bagi pengelola pesantren dalam merancang intervensi yang lebih efektif untuk mendukung kesejahteraan mental santri.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

annajah

Publisher

Subject

Religion Humanities Social Sciences

Description

Jurnal An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan) khusus membahas masalah pendidikan Islam. Ruang lingkup jurnal meliputi penelitian, pemikiran pendidikan Islam, dan kerja lapangan tentang pendidikan Islam. Pendekatannya bersifat interdisipliner, melingkupi, dan menggabungkan perspektif ...