An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan)
Vol. 3 No. 6: November 2024

PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PERSPEKTIF ALQURAN DAN HADIST DALAM PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN

Nurmila (Pascasarjana UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia)
Zubaidah (Pascasarjana UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Media Pembelajaran merujuk pada segala sesuatu yang digunakan untuk menyampaikan materi pelajaran atau informasi kepada siswa dalam proses pembelajaran. Media ini berfungsi untuk mempermudah pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan serta membantu guru dalam mengorganisasi dan menyampaikan materi dengan lebih menarik dan efektif. Secara keseluruhan, pemilihan media yang tepat dapat membantu menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih efektif, menyenangkan, dan mendalam bagi siswa. Dalam perspektif alquran, media pembelajaran memiliki makna yang luas, mencakup berbagai cara atau alat yang digunakan untuk menyampaikan ilmu dan informasi kepada umat Islam. Konsep pembelajaran dalam islamic sangat menekankan pentingnya ilmu, pemahaman, serta metode yang baik untuk memperoleh dan menyebarkan pengetahuan. Islam sangat menghargai ilmu dan proses pembelajaran. Penggunaan media dalam pembelajaran Islam bertujuan untuk mempermudah penyampaian ilmu, baik dalam konteks agama, moral, maupun duniawi. Media pembelajaran yang baik adalah yang sesuai dengan prinsip-prinsip Islam, efektif, dan memudahkan umat untuk memahami ajaran agama dengan cara yang mudah dan benar. Dengan demikian, dalam perspektif alquran media pembelajaran dapat melibatkan berbagai bentuk alat atau cara yang digunakan untuk menyampaikan ilmu, yang tentunya harus sesuai dengan nilai-nilai Islam dan memberikan manfaat bagi umat manusia

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

annajah

Publisher

Subject

Religion Humanities Social Sciences

Description

Jurnal An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan) khusus membahas masalah pendidikan Islam. Ruang lingkup jurnal meliputi penelitian, pemikiran pendidikan Islam, dan kerja lapangan tentang pendidikan Islam. Pendekatannya bersifat interdisipliner, melingkupi, dan menggabungkan perspektif ...