An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan)
Vol. 4 No. 2: Maret 2025

NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM BUKU MEETING MUHAMMAD KARYA NIZAR ABAZHAH DITINJAU DALAM PERSPEKTIF MULTIDISIPLINER

Wulan Kusuma Putri (Unknown)
Muhammad Yusuf (Unknown)
Dedi Setiawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini mengkaji nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam buku Meeting Muhammad karya Nizar Abazhah, dengan menggunakan pendekatan multidisipliner untuk memberikan pemahaman yang komprehensif tentang ajaran Islam. Penelitian ini menyoroti nilai-nilai keimanan, ibadah, dan akhlak yang tercermin dalam kehidupan Nabi Muhammad SAW, yang tetap relevan dengan tantangan zaman modern. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan untuk menganalisis isi buku dan literatur pendukung lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku ini memberikan wawasan penting mengenai integrasi nilai-nilai Islam dengan disiplin ilmu modern seperti kesehatan, psikologi, sosiologi, dan filsafat. Nilai-nilai tersebut tidak hanya bersifat spiritual tetapi juga aplikatif, menawarkan solusi untuk krisis moral, masalah sosial, dan kompleksitas kehidupan masa kini. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Meeting Muhammad memberikan pelajaran berharga tentang bagaimana pendidikan Islam dapat beradaptasi dengan konteks modern melalui pendekatan multidisipliner, sehingga tetap relevan dan aplikatif dalam pembentukan karakter Islami yang seimbang di dunia kontemporer.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

annajah

Publisher

Subject

Religion Humanities Social Sciences

Description

Jurnal An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan) khusus membahas masalah pendidikan Islam. Ruang lingkup jurnal meliputi penelitian, pemikiran pendidikan Islam, dan kerja lapangan tentang pendidikan Islam. Pendekatannya bersifat interdisipliner, melingkupi, dan menggabungkan perspektif ...