Jurnal Penelitian Pendidikan
Vol 10 No 1 (2018): Jurnal Penelitian Pendidikan

Pemahaman (Learning To Know) Konflik dan Malfungsi Agen Sebagai Substansi Pendidikan Konflik dalam Kasus Konflik Pabrik Semen di Rembang Jawa Tengah

Sidik Puryanto (Unknown)
ahmad hariyadi (Unknown)
siti aniqoh shofwani (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2018

Abstract

Justifikasi terhadap konflik dalam ranah fakta sosial memiliki kelemahan objektif dalammenyimak kasus pabrik semen di Rembang Jawa Tengah. Konflik sangat membutuhkanpemikiran secara analitik untuk dapat di pahami agar tidak terjadi mispersepsi dalammenyingkapinya. Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisiskonflik dalam kasus pabrik semen di Rembang Jawa Tengah. Metode pendekatanpenelitian yang di gunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan pendalaman kasus agardiperoleh pemahaman yang mendalam (verstchen). Hasil penelitian ini adalah: (1)konflik pabrik semen Rembang bukan murni dengan PT. Semen Indonesia Tbk. akantetapi merupakan rangkaian konflik yang terjadi antara masyarakat dengan perusahaantambang skala kecil atau Galian C yang sebelumnya sudah ada dan berdiri sejak lama.(1) Pemahaman konflik (learning to know of conflict) merupakan salah satu bentukpendidikan pencegahan konflik berkelanjutan. (2) Agen konflik harus memiliki kapasitassebagai agen yang sebenarnya.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jpp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

This journal is media for strenghtening communication, research and revelopment of educational sciences. High quality open access peer reviewed research journal in field of education focusing on learning innovations, social science education, linguistics education, sport science education, ...