Jurnal Penelitian Pendidikan
Vol 10 No 2 (2018): Jurnal Penelitian Pendidikan

Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad dan Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMK 17 Agustus 1945 dalam Materi Matriks.

Edy Widayat (Unknown)
wahyu widayati (Unknown)
Marulitua L Tobing (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2018

Abstract

Nilai hasil belajar yang tidak memuaskan pada kelas XI SMK 17 AGUSTUS 1945 padapelajaran matematika materi Matriks terjadi karena kurang aktifnya siswa di kelas danmasih belum maksimal dalam menganalisis soal-soal. Model pembelajara kooperatifcukup baik dalam meningkatkan interaksi antara siswa dengan siswa atau dengan guruuntuk menganalisis, memecahkan masalah, menggali dan memperdebatkan topik ataupermasalahan tertentu. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa model pembelajarankooperatif merupakan cara yang tepat untuk merangsang rasa ingin tahu siswa terhadapmateri pelajaran dan bisa meningkatkan hasil belajarnya. Dengan berdiskusi kelompok,siswa dengan tingkat analisis rendah akan termotivasi untuk mengejar kemampuananalisis teman diskusi mereka yang lebih tinggi, Teman tingkat analisis tinggi akanmerangsang kemampuan analisis temannya yang memiliki analisis lebih rendah. Temandiskusi kemampuan analisis yang lebih tinggi akan memiliki fungsi sebagai pembimbing,perangsang, penjaga dan pengasah kemampuan berpikir teman diskusinya, maka dapatdisimpulkan metode mana yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dibuktikan dengan indikator nilai hasil belajar siswa yang meningkat dari metode STAD danSnowball Throwing.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jpp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

This journal is media for strenghtening communication, research and revelopment of educational sciences. High quality open access peer reviewed research journal in field of education focusing on learning innovations, social science education, linguistics education, sport science education, ...