Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan informasi bahwa instagram dapat dijadikan media untuk pembelajaran kosa kata bahasa arab melalui fitur instagram dan beberapa akun yang berisi materi pembelajaran bahasa arab yang menarik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, yang menggunakan metode deskriptif, dengan memberikan paparan dan deskripsi melalui kata-kata secara jelas dan rinci. Sumber data diperoleh baik dari buku, jurnal, artikel, dan hasil penelitian lainnya yang berkaitan dengan artikel yang terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instagram dapat menjadi strategi yang baik dalam pembelajaran, khususnya untuk membantu peserta didik dalam menghafal kosa kata bahasa arab (mufrodat). Pembelajaran bahasa arab bisa melalui fitur dan akun instagram sehingga bisa membuat pembelajaran lebih menarik dan tidak membosankan, salah satunya dengan menambahkan gambar atau video dan menambah kosa kata bahasa arab serta arti di feeds instagram, lalu menambahkan pertanyaan serta menyediakan jawaban dalam fitur question box, maka yang pengikut atau siswa yang mengakses instagram tersebut bisa mempelajarai serta menjawab. Dengan ini penonton atau peserta didik yang ikut menjawab akan dapat menambah kosa kata yang dimiliknya ketika pertanyaan dan jawaban yang sediakan seputar dengan kosa kata atau makna kalimat bahasa arab. namun instagram juga memiliki kelebihan dan kekurangan, diantara kelebihannya yaitu banyaknya fitur yang menarik sehingga pembelajaran kosa kata lebih menarik, kemudian diantara kurangannya adalah durasi tayang pada instagram story dimana hanya bertahan 24 jam setelah itu konten akan hilang.
Copyrights © 2024