Tuwah Pande
Vol. 2 No. 1 (2023): Juni : JurnalĀ  Ilmu Pendidikan dan Pengajaran

PENERAPAN TEKNIK MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BADAR TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022

DINAR WINDIAS TUTI (STKIP Usman Safri Kutacane)
James Marudut (STKIP Usman Safri Kutacane)
IRFAN JOHARI (STKIP Usman Safri Kutacane)



Article Info

Publish Date
12 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Teknik Mind Mapping Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas SMA Negeri 1 Badar Tahun Pembelajaran 2021/2022. Sampel dalam penelitian ini siswa 28 yaitu Kelas XI IPA Plus yang diambil menggunakan teknik purposif sampling atau pengambilan sampel yang ditentukan. Strategi yang digunakan dalam metodologi kuantitatif .Adapun alasan penelitian menggunakan teknik purposive adalah kelas tersebut merupakan kelas yang belum pernah dilakukan penelitian dengan judul yang sama. Adapun hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan pada Bab IV, maka dapat disimpulkan bahwa Penerapan Metode Teknik Mind Mapping Sebagai Keterampilan Menulis Cerpen pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Badar Tahun Keterampilan 2021/2022. Hal itu terbukti dari nilai rata-rata tes awal Keterampilan Menulis Cerpen siswa adalah sebesar 60.71 dengan standar deviasinya sebesar 7.16 dan mengalami peningkatan nilai hasil tes akhirnya dengan nilai rata-ratanya sebesar 83.57 dengan standar deviasinya sebesar 5.65 Berdasarkan data hasil tes awal dan tes akhir siswa tersebut dan jika dikaitkan dengan nilai KKM bahasa Indonesia untuk SMA sebesar 75, maka Keterampilan Menulis Cerpen untuk tes akhir siswa termasuk dalam Kemampuan baik. Pada nilai tobservasi > ttabel yakni 12.98 > 2,05 maka dengan demikian dari hasil pengujian hipotesis di atas diperoleh kesimpulan bahwa ada Peningkatan Penerapan Metode Teknik Mind Mapping Sebagai Upaya Keterampilan Menulis Cerpen pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Badar Tahun Keterampilan 2021/2022

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

tuwahpande

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Tuwah Pande: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran; menyambut baik kiriman yang memberikan wawasan tentang masalah terkini dan utama yang berhubungan dengan studi ilmu Pendidikan dan Pengajaran. Artikel dapat berasal dari salah satu bidang berikut : Pendidikan Bahasa Indonesia, Sastra Indonesia, ...