Tuwah Pande
Vol. 3 No. 1 (2024): Juni : Jurnal  Ilmu Pendidikan dan Pengajaran

KEMAMPUAN MENULIS PUISI BARU MELALUI PENDEKATAN OUTDOOR LEARNING PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 LAWE ALAS TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023

JayantiJayanti (STKIP Usman Safri Kutacane)
Najaruddin (STKIP Usman Safri Kutacane)
Rekaza Akbar (STKIP Usman Safri Kutacane)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kemampuan menulis puisi baru melalui pendekatan outdoor learning pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lawe Alas Tahun Pembelajaran 2022/2023. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 39 orang dan sampel berjumlah 39 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan one group design dengan analisis data menggunakan uji “t”. Dari pengelolahan data di peroleh nilai rata-rata tes kemampuan menulis puisi baru oleh siswa sebesar 80,13 dan termasuk dalam kategori baik, dengan standar deviasinya sebesar 80,34. Berdasarkan hasil nilai tes siswa tersebut dan jika di kaitkan dengan nilai KKM mata pelajaran bahasa Indonesia untuk SMP sebesar 70 maka kemampuan menulis puisi baru melalui pendekatan outdoor learning siswa termasuk dalam kategori baik. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada kemampuan menulis puisi baru melalui pendekatan outdoor learning pada siswa kelas VIII SMP Negeri Lawe Alas Tahun Pembelajaran 2022/2023.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

tuwahpande

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Tuwah Pande: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran; menyambut baik kiriman yang memberikan wawasan tentang masalah terkini dan utama yang berhubungan dengan studi ilmu Pendidikan dan Pengajaran. Artikel dapat berasal dari salah satu bidang berikut : Pendidikan Bahasa Indonesia, Sastra Indonesia, ...