Tuwah Pande
Vol. 3 No. 1 (2024): Juni : JurnalĀ  Ilmu Pendidikan dan Pengajaran

PEMANFAATAN AUTOBIOGRAFI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN I UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS NARASI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 BADAR TAHUN AJARAN 2022/2023

AisahAisah (STKIP Usman Safri Kutacane)
Najaruddin (STKIP Usman Safri Kutacane)
Rekaza Akbar (STKIP Usman Safri Kutacane)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pemanfaatan Autobiografi Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Narasi Pada siswa kelas VII SMP Negeri 5 Badar Tahun Pembelajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen diartikan sebagai metode penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang dapat terkendalikan. sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VII A dan VII B yang berjumlah 46 siswa. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan langkah-langkah sebagai berikut: Mentabulasi skor tes awal, Mentabulasi skor tes akhir, Menentukan skor tertinggi dan skor terendah dari hasil tes awal dan tes akhir, Menghitung rata-rata skor variabel hasil tes awal dan tes akhir dengan rumus. Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa secara umum kemampuan menulis teks narasi siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Badar sebelum penggunaan media Autobiografi dikategorikan sangat rendah. Hal ini ditunjukkan dari perolehan persentase hasil belajar siswa yaitu baik yaitu 5% dan kurang baik 95%. Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa secara umum hasil belajar murid Kelas VII SMP Negeri 5 Badar setelah penggunaan media Autobiografi berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks narasi siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Badar. Hal ini ditunjukkan dari perolehan persentase hasil belajar siswa yaitu sangat baik 25%, baik 65%, cukup baik 10%, kurang baik 0%. Berdasarkan uji hipotesis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Autobiografi berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks narasi siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Badar setelah diperoleh nilai thitung sebesar 22.365 dan ttabel = 1.679. Maka diperoleh tHitung> tTabel atau 22.365 > 1.679.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

tuwahpande

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Tuwah Pande: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran; menyambut baik kiriman yang memberikan wawasan tentang masalah terkini dan utama yang berhubungan dengan studi ilmu Pendidikan dan Pengajaran. Artikel dapat berasal dari salah satu bidang berikut : Pendidikan Bahasa Indonesia, Sastra Indonesia, ...