Penelitian ini bertujuan untuk mengaktualisasikan nilai-nilai akhlakul karimah peserta didik melalui pembiasaan salat dhuha berjamaah di SMP Negeri 26 Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi untuk memahami pengalaman dan persepsi individu terkait fenomena yang diteliti. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembiasaan salat dhuha berjamaah di SMP Negeri 26 Surabaya efektif dalam mengaktualisasikan nilai-nilai akhlakul karimah seperti kedisiplinan, tanggung jawab, ketakwaan, ketawadhuan, keimanan, dan kebersamaan. Proses ini diawasi dan dibimbing oleh guru, serta didukung oleh orang tua, sehingga peserta didik tidak hanya disiplin dalam beribadah di sekolah tetapi juga di rumah dan lingkungan masyarakat. Kesimpulannya, program pembiasaan salat dhuha berjamaah di SMP Negeri 26 Surabaya berhasil meningkatkan akhlak peserta didik meskipun masih terdapat beberapa hambatan. Dengan dukungan yang konsisten dari guru dan orang tua, nilai-nilai akhlakul karimah dapat terinternalisasi dengan baik dalam diri peserta didik.
Copyrights © 2024