Al I'tibar Jurnal Pendidikan Islam
Vol 11 No 3 (2024): Jurnal Pendidikan Islam: Al I'tibar

Pengaruh Penggunaan Media Flash Card Terhadap Kemampuan Menghafal Kosa Kata Bahasa Arab Kelas IV di MI Se Kecamatan Bumi Agung Way Kanan

Qomarudin, Muslih (Unknown)
Hendy Pratama (Unknown)
Sinta Nuriyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media flash card terhadap kemampuan menghafal kosa kata Bahasa Arab pada siswa kelas IV di MI se-Kecamatan Bumi Agung. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain pre-test dan post-test kelompok kontrol. Sampel penelitian terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan media flash card dan kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional. Data dikumpulkan melalui tes penguasaan kosa kata dan dianalisis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam kemampuan menghafal kosa kata antara kelompok yang menggunakan media flash card dan kelompok yang tidak menggunakan media tersebut. Kelompok eksperimen menunjukkan peningkatan yang lebih signifikan dalam hasil tes dibandingkan dengan kelompok kontrol. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media flash card secara efektif dapat meningkatkan kemampuan menghafal kosa kata Bahasa Arab siswa kelas IV. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan media flash card sebagai salah satu alternatif strategi pembelajaran yang kreatif dan interaktif dalam pengajaran Bahasa Arab.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPIA

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Al I`tibar Jurnal Pendidikan Islam is a Islamic education journal published with a view to facilitating academics and researchers to publish their research results in the field of Islamic Education Innovation and ...