Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an di SMK Negeri 1 Belitang Madang Raya serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambatnya. SMK Negeri 1 Belitang Madang Raya memberikan perhatian khusus terhadap masalah ini, dengan berbagai strategi yang diterapkan oleh guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode penelitian lapangan. Data diperoleh dari sumber primer dan sekunder melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Keabsahan data dianalisis melalui reduksi, penyajian, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan utama siswa dalam membaca Al-Qur’an meliputi pengucapan huruf hijaiyah, penguasaan tajwid, panjang pendek bacaan, dan kelancaran membaca. Faktor penyebabnya antara lain kurangnya minat siswa, keterbatasan waktu, serta pengaruh lingkungan dan keluarga. Upaya guru PAI untuk mengatasi kendala ini dinilai optimal, seperti membaca Al-Qur’an sebelum pelajaran, memberikan jam tambahan, menerapkan metode halaqah, serta menggunakan variasi metode pembelajaran agar siswa lebih termotivasi.
Copyrights © 2025