Al I'tibar Jurnal Pendidikan Islam
Vol 12 No 1 (2025): Al I'tibar: Jurnal Pendidikan Islam

Upaya Guru PAI Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’An Pada Siswa Kelas X Di SMK Negeri 1 Belitang Madang Raya

Erik Susanto (Unknown)
Romdloni (Unknown)
Ahmad Sodikin (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an di SMK Negeri 1 Belitang Madang Raya serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambatnya. SMK Negeri 1 Belitang Madang Raya memberikan perhatian khusus terhadap masalah ini, dengan berbagai strategi yang diterapkan oleh guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode penelitian lapangan. Data diperoleh dari sumber primer dan sekunder melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Keabsahan data dianalisis melalui reduksi, penyajian, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan utama siswa dalam membaca Al-Qur’an meliputi pengucapan huruf hijaiyah, penguasaan tajwid, panjang pendek bacaan, dan kelancaran membaca. Faktor penyebabnya antara lain kurangnya minat siswa, keterbatasan waktu, serta pengaruh lingkungan dan keluarga. Upaya guru PAI untuk mengatasi kendala ini dinilai optimal, seperti membaca Al-Qur’an sebelum pelajaran, memberikan jam tambahan, menerapkan metode halaqah, serta menggunakan variasi metode pembelajaran agar siswa lebih termotivasi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JPIA

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Al I`tibar Jurnal Pendidikan Islam is a Islamic education journal published with a view to facilitating academics and researchers to publish their research results in the field of Islamic Education Innovation and ...