Indonesian Journal of Psychological Studies
Vol. 1 No. 1 (2023)

Pengaruh Kondisi Psikologis Terhadap Kinerja Mengajar Guru Pada Masa Pandemi Covid-19

Tri Novianda Sari (Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur)
Rahmawati Pratiwi (Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur)
Desita Dyah Damayanti (Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2023

Abstract

Kondisi psikologis adalah situasi yang akan mempengaruhi kehidupan individu sehari-hari. Kinerja mengajar guru merupakan kemampuan atau kualitas guru dalam menyelesaikan tanggung jawab kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kondisi psikologis terhadap kinerja mengajar guru selama masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan subjek penelitian adalah guru sekolah dasar dan sekolah menengah. Pengumpulan data menggunakan skala DASS-42 dan skala Kinerja Mengajar Guru. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh psikologis guru terhadap kinerja mengajar guru di masa pandemi Covid-19 (p=0,001). Semakin baik kondisi psikologis guru, maka semakin tinggi kinerja mengajar guru di sekolah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

IJPS

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Indonesia Journal of Psychological Studies (IJPS) is an journal, dedicated to the wide dissemination of novel and innovative empirical research in various aspects of psychology, with a particular interest – the development of psychology and behavioral sciences in the world. IJPS invites ...