Jurnal Manajemen Bisnis
Vol. 27 No. 2 (2024)

ANALISIS PERILAKU MAHASISWI SEBAGAI KONSUMEN MUSLIM TERHADAP DAYA BELI PRODUK ONLINE DI E-COMMERCE SHOPEE

Amanda Afriza Putri (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Luthfiyyah Rahadatul 'Aisyi (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Putri Dwi Permatasari (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Topan Iskandar (Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Ilmi Tanjung Balai)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2024

Abstract

Perilaku mahasiswi sebagai konsumen dalam konteks daya beli produk online di platform e-commerce. Metode penelitian melibatkan observasi, wawancara dan dokumentasi melalui pendekatan kualitatif untuk memahami preferensi, kebiasaan belanja, dan faktor- faktor yang memengaruhi keputusan pembelian mahasiswi. Temuan penelitian menyoroti bahwa mahasiswi cenderung menjadi konsumen aktif di platform e-commerce, dengan kecenderungan mencari produk yang berkualitas dan harga terjangkau. Analisis juga menunjukkan bahwa kenyamanan dan keamanan dalam bertransaksi online sangat memengaruhi keputusan pembelian mahasiswi. Faktor-faktor seperti ulasan produk, promosi, dan layanan pelanggan juga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Selain itu, aspek sosial dan tren juga memainkan peran penting dalam membentuk preferensi konsumen mahasiswi terhadap produk tertentu. Implikasi temuan ini dapat memberikan panduan bagi pelaku e-commerce untuk lebih memahami kebutuhan dan preferensi konsumen mahasiswi muslim, sehingga dapat mengoptimalkan strategi pemasaran dan meningkatkan kepercayaan konsumen dalam berbelanja online.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

esensi

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

​Esensi: Jurnal Bisnis dan Manajemen adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Institut Bisnis Nusantara Jakarta. Jurnal ini fokus pada bidang akuntansi, bisnis, ekonomi, keuangan, dan ...