Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang a) Manajemen optimalisasi sarana dan prasarana di SMA Negeri 1 Totikum untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. b) Tinjauan manajemen pendidikan Islam terhadap optimalisasi sarana dan prasarana di SMA Negeri 1 Totikum untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Hasil Penelitian ini menunjukkan (1) Optimalisasi sarana dan prasarana dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Totikum dilakukan melalui perencanaan sarana dan prasarana pendidikan, dan pengadaan sarana dan prasarana pendidikan. Perencanaan sarana dan prasarana dilakukan melalui serangkaian tahapan yaitu rapat koordinasi sekolah, penetapan program sekolah, serta penetapan kebutuhan sarana dan prasarana pendidikan. Sementara pengadaan sarana dan prasarana pendidikan di SMA Negeri 1 Totikum dilakukan berdasarkan keputusan rapat koordinasi di awal semester dengan menyesuaikan kebutuhan program sekolah agar kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan baik. Pengadaan ini dilakukan oleh kepala sekolah berdasar pada kesepakatan bersama serta melihat kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan SMA Negeri 1 Totikum. (2) Tinjauan manajemen pendidikan Islam terhadap optimalisasi sarana dan prasarana dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Totikum tergolong baik, yang mana penerapan fungsi-fungsi manajemen telah dilakukan namun terdapat beberapa hal yang perlu ditingkatkan khususnya pada aspek pengawasan dan evaluasi. Terkait pengawasan perlu dipastikan bahwa anggota di bawahnya melakukan pekerjaan sesuai dengan rencana (program kerja). Terkait dengan evaluasi sebaiknya dilakukan bertahap seperti pertiga bulan sekali dan di akhir tahun ajaran sehingga ada hal-hal yang berkaitan dengan masalah sarana dan prasarana dapat diatasi secara langsung dengan cepat dan tepat sehingga membuat fungsi pengendalian menjadi lebih baik.
Copyrights © 2022