JEMIL
Vol. 1 No. 01: August 2022

Peranan Guru Agama dalam Membina Akhlak Peserta Didik di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Palu

Normawati (Unknown)
Mansur (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2022

Abstract

Penanaman nilai-nilai keislaman harus dilakukan sejak usia dini kepada peserta didik sebagai generasi penerus bangsa yang harus mendapat perhatian serius baik dari orang tua, masyarakat maupun dari lingkungan sekolah terutama dalam perilaku. Oleh karena itu, guru agama sudah seharusnya memberikan pendidikan yang sesuai dengan tujuan agama Islam. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan jenisnya adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan ada dua bentuk pembinaan akhlak bagi peserta didik di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Palu. Pertama, pembinaan akhlak secara preventif dan kuratif. Pembinaan akhlak secara preventif dilakukan untuk mencegah terjadinya kenakalan peserta didik. Kedua, pembinaan akhlak dapat berjalan dengan lancar karena mengoptimalkan faktor pendukung dan meminimalisir faktor kendala, baik kendala internal maupun kendala eksternal. Kendala internal meliputi: Kendala lingkungan fisik dan lingkungan psikologis. Sedangkan kendala eksternal meliputi: kurang dukungan orang tua terhadap kebijakan Madrasah. Implikasinya yaitu dengan tantangan kemajuan teknologi dan globalisasi yang menyebabkan peserta didik di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Palu, mudah mencontoh hal-hal yang buruk maka pembinaan akhlak perlu dilaksanakan secara sistematis dan terpadu. Untuk itu maka setiap stakeholder seyogyanya memahami tugasnya masing-masing dan melaksanakannya dengan penuh tanggung jawab disertai dedikasi tinggi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JEMIL

Publisher

Subject

Religion Decision Sciences, Operations Research & Management Education Other

Description

Journal of Educational Management and Islamic Leadership (JEMIL) (ISSN: 2961-9491) is a peer-reviewed scholarly journal published periodically, aiming to serve as a platform for the publication of research findings and conceptual studies in the fields of educational management and Islamic ...