JEMIL
Vol. 4 No. 1: Februari 2025

Manajemen Pemasaran Lembaga Pendidikan Islam dalam Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat: Marketing Management of Islamic Educational Institutions in Increasing Public Trust

Muhajirin (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2025

Abstract

Lembaga Pendidikan Islam sejak lama dipandang sebagai lembaga pengkaji ilmu agama saja bahkan sering dinilai dengan keterbelakangan dan tidak bisa beradaptasi dengan kemajuan zaman. Bahkan anggapan negatif masyarakat pun masih dirasakan, image lembaga pendidikan Islam sebagai penyelenggara pendidikan yang tidak bermutu, kurang berkualitas, dan lulusannya tidak memiliki daya saing. metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif yang digunakan untuk Mengkaji perencanaan, pengaturan, pelaksanaan, pengendalian, dan Mengkaji dampak penerapan manajemen pemasaran lembaga pendidikan Islam untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat di Madrasah Aliyah An-Nur Buuts. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, studi dokumentasi, studi historis, observasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Perencanaan, pengaturan, pelaksanaan, pengendalian pemasaran di Madrasah Aliyah An Nur Buuts dimulai dengan merencanakan skema pemasaran melalui sejumlah rancangan, yaitu merencanakan konsep pemasaran, harga, promosi produk sekolah, merancang muatan kurikulum yang komprehensif dan menarik, merancang pelibatan/membangun kemitraan dengan wali murid sebagai agen marketing informal, merancang berbagai kegiatan kurikuler dan ekstrakurikuler untuk mengoptimalkan potensi peserta didik, menentukan media sosial untuk promosi sekolah, menetapkan calon konsumen potensial, membuat daftar tokoh sebagai volunteer, membangun database sekolah yang terintegrasi. Penerapan manajemen pemasaran berdampak pada peningkatan kepercayaan masyarakat terhadap Madrasah Aliyah An-Nur Buuts dibuktikan oleh Ketertarikan orang tua untuk memilih Madrasah Aliyah An-Nur Buuts sebagai tempat pendidikan anaknya, Meningkatnya jumlah peserta didik, Ketertarikan stakeholders untuk melakukan kerjasama MoU dan MoA dengan pihak madrasah, Meningkatnya prestasi akademik peserta didik, Meningkatnya ketersediaan sarana dan prasarana, Terbentuknya tim volunteers pemasaran pendidikan, Meningkatnya intensitas keikutsertaan peserta didik dalam berbagai kompetisi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JEMIL

Publisher

Subject

Religion Decision Sciences, Operations Research & Management Education Other

Description

Journal of Educational Management and Islamic Leadership (JEMIL) (ISSN: 2961-9491) is a peer-reviewed scholarly journal published periodically, aiming to serve as a platform for the publication of research findings and conceptual studies in the fields of educational management and Islamic ...