Lubna: Journal of Islamic Elementary Education
Vol. 1 No. 2 (2024): Lubna : Journal of Islamic Elementary Education

IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 1 BOROBUDUR

Maulia Salsanabila Azizah (Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah)
Luthfi Rizky Lukmawati (Unknown)
Noviyanti (Unknown)
Afra Nur Ainy (Unknown)
Asni (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas perencanaan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pendidikan, kualifikasi guru, dan peningkatan kinerja tenaga kependidikan di Sekolah Dasar (SD) Islam Tahfidz Quran As Syafiiyah Kabupaten Magelang, Indonesia. Pendekatan kualitatif deskriptif digunakan sebagai metode penelitian. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Objek penelitian ini dilakukan di SD Islam Tahfidz Quran As Syafiiyah. Hasil penelitian menunjukkan efektivitas perencanaan pembelajaran dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah dasar. Hasil observasi menunjukkan bahwa guru telah melakukan perencanaan pembelajaran secara masif dan maksimal melalui persiapan RPP, sumber materi pembelajaran telah dikembangkan melalui pelatihan kompetensi guru, penggunaan media pembelajaran yang variatif, pemilihan materi pembelajaran yang disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku, pelaksanaan evaluasi di setiap pembelajaran, dan pengembangan strategi di luar kelas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

lubna

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

This journal studies the theories and practices of primary education and expresses original research searches and current issues. This journal is OPEN access, and peer-reviewed journal to discuss new findings in elementary education, especially at elementary schools. This journal publishes original ...