Islamic Management : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Vol. 1 No. 2 (2025): Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

Integrasi Metode Kualitatif dan Kuantitatif dalam Penelitian Manajemen Pendidikan Islam

Feri, Feri Riski Dinata (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2025

Abstract

Penelitian dalam manajemen pendidikan Islam memerlukan pendekatan yang komprehensif untuk memahami kompleksitas dan dinamika yang ada. Dalam konteks ini, integrasi metode kualitatif dan kuantitatif menjadi penting untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam. Metode kualitatif, yang berfokus pada penggalian makna dan pengalaman individu, dapat memberikan konteks yang kaya terhadap fenomena yang diteliti. Sementara itu, metode kuantitatif, yang mengandalkan data numerik dan statistik, memungkinkan peneliti untuk mengukur dan menganalisis variabel secara objektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis bagaimana integrasi kedua metode tersebut dapat meningkatkan kualitas penelitian dalam manajemen pendidikan Islam. Dengan menggabungkan kedua pendekatan, diharapkan hasil penelitian dapat memberikan wawasan yang lebih holistik dan aplikatif bagi pengembangan manajemen pendidikan Islam di Indonesia.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jmpi

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Fokus dan Ruang Lingkup: Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam merupakan jurnal ilmiah yang aktif mempublikasikan hasil penelitian lapangan dan studi literatur. Cakupan: Kebijakan Bidang Pendidikan, Kepemimpinan Bidang Pendidikan, Pengelolaan Sekolah/Madrasah/Pesantren, Pengelolaan ...