ENTITA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Ilmu-Ilmu Sosial
Special Edition: Renaisans 1st International Conference of Social Studies

Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL)

Mala Maulidia (Unknown)
Agung Dwi Bahtiar El Rizaq (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan keaktifan siswa melalui model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pembelajaran IPS kelas VIII-A di MTs Negeri 2 Pamekasan. Metode penelitian ini menggunakan metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan 2 siklus.Subjek penelitian 18 siswa. Teknik pengumpulan observasi, angket dan dokumentasi. Penerapan melalui model Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan pembelajaran mengaitkan materi dengan kehidupan nyata melalui kolaborasi siswa dalam kegiatan belajar. Hasil penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran IPS kelas VIII-A di MTs Negeri 2 Pamekasan yaitu, dilaksanakan dalam setiap proses pembelajaran seperti turut serta dalam tugas belajarnya, pemecahan masalah, berusaha mencari berbagai informasi, bisa menerapkan materi dengan kehidupan nyata. Presentase keaktifan siswa meningkat dari 67,62% (kategori Sedang) pada siklus I 91,12% (kategori Tinggi) pada siklus II. dengan peningkatan presentase keaktifan siklus I & siklus II sebesar 23,5%.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

entita

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Journal of ENTITA focuses on any articles dealing with social science and social studies either in forms of conceptual ideas or research results from various ...