ENTITA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Ilmu-Ilmu Sosial
Special Edition: Renaisans 1st International Conference of Social Studies

Pengaruh Penggunaan TikTok Shop terhadap Perilaku Konsumtif Remaja Usia Sekolah di Era Digital

Imamiatul Jannah (Unknown)
Agung Dwi Bahtiar El Rizaq (Unknown)
Muhammad Hadiatur Rahman (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh penggunaan TikTok Shop terhadap perilaku konsumtif remaja usia sekolah, dan (2) sejauh mana pengaruh tersebut. Penelitian menggunakan metode kuantitatif ex-post facto dengan sampel sebanyak 30 remaja berusia 15–18 tahun yang menggunakan TikTok Shop. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, dan analisis data dilakukan melalui statistik deskriptif serta uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata penggunaan TikTok Shop adalah 29,13 dan perilaku konsumtif remaja sebesar 28,13, keduanya termasuk dalam kategori tinggi. Hasil uji hipotesis menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan antara penggunaan TikTok Shop dan perilaku konsumtif remaja, dengan nilai signifikansi sebesar 0,010 (<0,05). Nilai R Square sebesar 0,213 menunjukkan bahwa 21,3% variabel perilaku konsumtif dipengaruhi oleh penggunaan TikTok Shop. Temuan ini mendukung teori perilaku konsumen yang menyatakan bahwa dalam pengambilan keputusan pembelian, konsumen mempertimbangkan aspek harga, kualitas, fungsi, dan manfaat produk.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

entita

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Journal of ENTITA focuses on any articles dealing with social science and social studies either in forms of conceptual ideas or research results from various ...