Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh penggunaan TikTok Shop terhadap perilaku konsumtif remaja usia sekolah, dan (2) sejauh mana pengaruh tersebut. Penelitian menggunakan metode kuantitatif ex-post facto dengan sampel sebanyak 30 remaja berusia 15–18 tahun yang menggunakan TikTok Shop. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, dan analisis data dilakukan melalui statistik deskriptif serta uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata penggunaan TikTok Shop adalah 29,13 dan perilaku konsumtif remaja sebesar 28,13, keduanya termasuk dalam kategori tinggi. Hasil uji hipotesis menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan antara penggunaan TikTok Shop dan perilaku konsumtif remaja, dengan nilai signifikansi sebesar 0,010 (<0,05). Nilai R Square sebesar 0,213 menunjukkan bahwa 21,3% variabel perilaku konsumtif dipengaruhi oleh penggunaan TikTok Shop. Temuan ini mendukung teori perilaku konsumen yang menyatakan bahwa dalam pengambilan keputusan pembelian, konsumen mempertimbangkan aspek harga, kualitas, fungsi, dan manfaat produk.
Copyrights © 2025