Pondok pesantren memiliki peran penting dalam membentuk karakter santri melalui pendidikan berbasis nilai-nilai Islam. Kajian ini bertujuan untuk menganalisis proses pembentukan karakter santri di Pondok Pesantren Darul Ulum serta faktor-faktor yang mendukung keberhasilannya. Kajian ini menggunakan metode Participatory Action Research (PAR), yang melibatkan interaksi langsung antara santri, pengasuh pesantren, dan pihak terkait dalam memahami serta mengembangkan strategi pembentukan karakter. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif dan wawancara mendalam. Hasil kajian menunjukkan bahwa pembentukan karakter santri dilakukan melalui tiga aspek utama, yaitu pendidikan formal di madrasah, pembiasaan dalam kehidupan pesantren, serta keteladanan dari Ayah dan ibu guru. Nilai-nilai seperti kedisiplinan, tanggung jawab, dan kemandirian diinternalisasi melalui berbagai aktivitas harian dan program pesantren, sehingga membentuk pribadi santri yang berakhlak mulia serta siap berkontribusi dalam kehidupan bermasyarakat.
Copyrights © 2025