Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep manajemen pendidik dan peserta didik dalam prepektif Al-Qur’an dan Hadis. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pustaka dengan menggunakan metode kajian tafsir tematik terhadap ayat-ayat Al-Qur’an dan hadis. Hasil penelitian menemukan bahwa manajemen pendidik sebagai agen pembelajaran untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional, pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, serta pengabdi kepada masyarakat. Manajemen peserta didik dalam konteks Al-Qur’an dan Hadis adalah setiap individu yang sedang dididik, dibina, diawawas dan yang lainnya yang terkait dengan fungsi manajemen itu sendiri, yaitu: perencanaan, pengorganisasian, pengaturan, koordinasi, kepemimpinan, komunikasi , dan pengawasan, yang tidak terlepas dari falsafah dasar manajemen pendidikan islam yaitu prinsip yang terkait dengan akidah shahihah, kemanusiaan, nilai akhlak dan tujuannya yaitu membentuk manusia yang beriman, bersatu padu, menjaga fitrah, membangun cara berfikir tentang ayat kauniyah, membina ukhuwwah, dan yang lainnya.
Copyrights © 2023