Joyful Learning Journal
Vol. 13 No. 4 (2024): Joyful Learning Journal: Desember 2024

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS ATAS SDN GAMBIRANOM

Diwyacitta Belia Ratnasetya (Unknown)
kurniawati, Kurniawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar siswa kelas atas SDN Gambiranom yang dibuktikan dengan hasil Penilaian Tengah Semester (PTS) semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Menurunnya prestasi belajar siswa bersamaan dengan ketertarikan siswa terhadap media sosial TikTok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh secara signifikan penggunaan media sosial TikTok terhadap prestasi belajar siswa kelas atas SDN Gambiranom. Pendekatan kuantitatif jenis ex-post facto digunakan dalam penelitian ini. Seluruh siswa kelas atas SDN Gambiranom merupakan populasi penelitian. Perhitungan sampel penelitian menggunakan Rumus Slovin dan diperoleh hasil 123 siswa. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan studi dokumentasi. Kuesioner melalui tahan validitas isi dan konstruk. Validitas konstruk menggunakan Exploratory Factor Analisys (EFA) dan Confirmatory Factor Analisys (CFA). Uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Selanjutnya data dianalisis menggunakan deskriptif statistik dan analis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan nilai p-value sebesar 0,793 sehingga p > 0,05. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penggunaan media sosial TikTok tidak berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas atas SDN Gambiranom.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jlj

Publisher

Subject

Education

Description

Joyful Learning Journal publishes research articles on the development of innovative and creative learning media, the effectiveness of a learning model, the comparison of a learning activity in elementary school, the relationship of a learning concept as well as conceptual studies on basic ...