UPEJ : Unnes Physics Education Journal
Vol. 13 No. 3 (2024)

Penerapan Model Problem Based Learning dengan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Remediasi Miskonsepsi Materi Listrik Arus Searah di SMA

Desty Vitrya Halim (Universitas Tanjungpura)
Stepanus Sahala Sitompul (Unknown)
Firdaus (Unknown)
Lanang Maulana Aminullah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Model Problem Based Learning dengan pembelajaran berdiferensiasi bertujuan untuk mengetahui efektif remediasi miskonsepsi pada materi listrik arus searah di SMA Negeri 3 Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu metode eksperimen dengan bentuk penelitian berupa pre-experimental design dengan rancangan One Group Pre-Test Post-Test Design dengan melibatkan 36 peserta didik sebagai sampel. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat penurunan miskonsepsi peserta didik dengan rata – rata persentase sebesar 30%. Perubahan miskonsepsi tiap butir soal menggunakan Uji McNemar didapatkan nilai  x2hitung  dari 8 soal berturut -turut soal (4,2;19; 12; 7,6; 7,1; 1,5; 12; 3,2) maka terjadi penurunan miskonsepsi yang signifikan pada 6 soal dan tidak signifikan pada 2 soal, dengan efektivitas sebesar 0,62 dengan kategori tergolong sedang. 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

upej

Publisher

Subject

Physics

Description

Unnes Physics Education Journal aims to publish results of empirical studies, theoretical studies, and conceptual analysis in the fields of education phylosophy and theory, physics education, development of physics learning instruments, physics learning media, experiments activity development in the ...