DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra
Vol. 4 No. 4 (2024)

Penerapan Model Mind Mapping dalam Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VIII SMPN 4 Sungguminasa

Wanda Avi Avrur (Universitas Negeri Makassar)
Usman Usman (Universitas Negeri Makassar)
Hasriani Hasriani (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
06 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mendeskripsikan penerapan model mind mapping dalam pembelajaran menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMPN 4 Sungguminasa (2) untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa dalam penerapan model mind mapping pada pembelajaran menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMPN 4 Sungguminasa. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VII SMPN 4 Sungguminasa. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas VII B yang berjumlah 37 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis yaitu analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan sebelum dan setelah menerapkan model pembelajaran mind mapping dalam pembelajaran menulis teks deskripsi di kelas VII SMP 4 Sungguminasa

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

deiktis

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

DEIKTIS: Journal of Language and Literature Education is an academic journal published in April, August and December by the Indonesian Muslim Lecturer Association. This journal presents scientific articles on Learning, Education, Literature, Linguistics, ...