IJELM (Indonesian Journal of Mathematics Education and Learning)
Vol. 1 No. 2 (2021): Indonesian Jurnal Of Education and Learning Mathematics (IJELM)

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DAN PROBLEM BASED LEARNING DI MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PITU

Karin Nurlita Dwi Maharani (Unknown)
Cahyono, Heri (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui perbedaan prestasi belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dan Problem Based Learning dan Konvensioanl pada siswa kelas VIII SMP N 1 Pitu Tahun Ajaran 2020/2021. (2) Mengetahui mana prestasi belajar yang terbaik, dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dan Problem Based Learning dan Konvensional pada siswa kelas VIII SMP N 1 Pitu Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan metode pengamatan dan perbandingan. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Pitu tahun pelajaran 2020/2021. Sampel yang diambil dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes untuk memperoleh data prestasi belajar matematika siswa. Uji coba instrumen meliputi uji validitas, reliabilitas, daya pembeda dan indeks kesukaran. Uji prasyarat meliputi uji normalitas dengan menggunakan metode Lilliefors dan uji homogenitas dengan menggunakan uji Barlett. Dengan α = 0,05 diperoleh simpulan bahwa sampel berdistribusi normal dan memiliki variansi yang sama (homogen). Kesimpulan hasil penelitian ini adalah : (1) dengan menggunakan uji ANAVA satu jalur sel tak sama menunjukkan bahwa Terdapat perbedaan prestasi belajar matematika siswa dengan model pembelajaran Project Based Learning dan Problem Based Learning dan Konvensional pada pokok bahasan Menghitung luas permukaan dan volume kubus, balok, prisma dan limas siswa kelas VIII semester II SMP N 1 Pitu Tahun Pelajaran 2020/ 2021 (2) Analisis sesudah ANAVA menggunakan Uji Scheffe menunjukkan bahwa hasil Prestasi belajar matematika siswa dengan model pembelajaran Project Based Learning lebih baik dari pada Problem Based Learning dan Konvensional.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

IJELM

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

IJELM: Indonesian Journal of Mathematics Education and Learning is an information forum containing scientific research articles, literature studies, ideas, application of theory, critical analysis studies, and other research in the field of mathematics and mathematics education. But not limited to ...