IJELM (Indonesian Journal of Mathematics Education and Learning)
Vol. 1 No. 2 (2021): Indonesian Jurnal Of Education and Learning Mathematics (IJELM)

PENGARUH PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SMP NEGERI 1 PITU

Nia Purwati (Unknown)
Mashuri, Anwas (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pre eksperimen. Desain yang digunakan adalah quasi experimental design dengan jenis Pretest-Posttest Control Group Design yang bertujuan mendeskripsikan dan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang ditinjau dari motivasi belajar matematika siswa kelas IX yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Missouri mathematic project (MMP). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX. Dan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IX A berjumlah 11 orang siswa dikelas eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh siswa mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan indikator motivasi hasil belajar siswa . hasil uji hipotesis menunjukkan: 1) nilai rata-rata posttest siswa memenuhi nilai KKM yang ditetapkan yaitu lebih besar sama dengan 85. Ini berarti bahwa nilai rata-rata posttest secara signifikan lebih dari 80; 2) nilai posttest yang diperoleh siswa telah tuntas secara klasikal berdasarkan uji anava, ini berarti hasil belajar siswa ditinjau dari motivasi belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Missouri mathematics project meningkat secara signifikan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

IJELM

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

IJELM: Indonesian Journal of Mathematics Education and Learning is an information forum containing scientific research articles, literature studies, ideas, application of theory, critical analysis studies, and other research in the field of mathematics and mathematics education. But not limited to ...