IJELM (Indonesian Journal of Mathematics Education and Learning)
Vol. 1 No. 02 (2021): Indonesian Jurnal Of Education and Learning Mathematics (IJELM)

PERSEPSI PESERTA DIDIK SMP TERHADAP PEMBELAJARAN DARING SAAT PANDEMI COVID-19

Gangga, Ubayu Wahyuning Awi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Pandemi Covid-19 (Corona Virus Disease-19) mengakibatkan dampak yang begitu besar di semua bidang kehidupan, tidak terkecuali di bidang pendidikan. Pemerintah Indonesia, dalam hal ini melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengambil kebijakan untuk melaksanakan pembelajaran daring di semua jenjang pendidikan guna mencegah dan mengurangi resiko penyebaran virus corona yang lebih luas, khususnya di kalangan pelajar sebagai generasi penerus bangsa. Pembelajaran daring ini membentuk persepsi yang berbeda bagi setiap peserta didik. Persepsi adalah kemampuan otak dalam menerjemahkan stimulus atau proses untuk menerjemahkan stimulus yang masuk ke dalam alat indera manusia. Penelitian ini mengangkat permasalahan persepsi peserta didik SMP terhadap pembelajaran daring saat pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan teknik angket melalui google form. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas VII dan kelas VIII UPT SMP Negeri 19 Gresik Tahun Ajaran 2020/2021. Objek penelitian adalah persepsi peserta didik SMP terhadap pembelajaran daring saat pandemi Covid-19. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi peserta didik SMP terhadap pembelajaran daring saat pandemi Covid-19 adalah peserta didik mendapat dukungan yang baik dari sekolah dan orang tua dalam melaksanakan pembelajaran daring meskipun masih terkendala pada beberapa hal terkait teknis, proses pembelajaran, dan bahan ajar. Peserta didik sebagian besar mengalami kendala signal, tidak memiliki paket kuota internet yang cukup dan proses pembelajaran yang tidak efektif.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

IJELM

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

IJELM: Indonesian Journal of Mathematics Education and Learning is an information forum containing scientific research articles, literature studies, ideas, application of theory, critical analysis studies, and other research in the field of mathematics and mathematics education. But not limited to ...