IJELM (Indonesian Journal of Mathematics Education and Learning)
Vol. 2 No. 02 (2022): Indonesian Jurnal Of Education and Learning Mathematics (IJELM)

Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Sikap Ilmiah Siswa: Indonesia

Rudi Hartono (Unknown)
Anwas Mashuri (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) terhadap hasil belajar ditinjau dari sikap ilmiah. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif eksperimen semu yang dilaksanakan pada siswa kelas X SMK Negeri Ngraho dengan rancangan factorial 2x2. Pengumpulan data menggunakan angket dan tes soal pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukan nilai Fhitung (A) = 11,26 > Ftabel = 4,01. Berdasarkan hal tersebut disimpulkan Pendekatan RME berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa. Selain hal tersebut, Sikap ilmiah siswa juga berpengaruh terhadap hasil belajar matematika yang ditunjukan dengan nilai Fhitung (B) = 73,1 > Ftabel = 4,01. Adanya pengaruh pendekatan RME dan sikap ilmiah terhadap hasil belajar matematika siswa tidak dibarengi dengan adanya interkasi antara dua pengaruh tersebut yang ditunjukan dengan nilai Fhitung (AB) = 0,077 < Ftabel = 4,01. hal tersebut dikarenakan beberapa faktor serta variabel yang muncul selama proses penelitian yang tidak dapat dikontrol secara langsung oleh peneliti.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

IJELM

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

IJELM: Indonesian Journal of Mathematics Education and Learning is an information forum containing scientific research articles, literature studies, ideas, application of theory, critical analysis studies, and other research in the field of mathematics and mathematics education. But not limited to ...