Penelitian ini betujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) terhadap hasil belajar ditinjau dari sikap ilmiah. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif eksperimen semu yang dilaksanakan pada siswa kelas X SMK Negeri Ngraho dengan rancangan factorial 2x2. Pengumpulan data menggunakan angket dan tes soal pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukan nilai Fhitung (A) = 11,26 > Ftabel = 4,01. Berdasarkan hal tersebut disimpulkan Pendekatan RME berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa. Selain hal tersebut, Sikap ilmiah siswa juga berpengaruh terhadap hasil belajar matematika yang ditunjukan dengan nilai Fhitung (B) = 73,1 > Ftabel = 4,01. Adanya pengaruh pendekatan RME dan sikap ilmiah terhadap hasil belajar matematika siswa tidak dibarengi dengan adanya interkasi antara dua pengaruh tersebut yang ditunjukan dengan nilai Fhitung (AB) = 0,077 < Ftabel = 4,01. hal tersebut dikarenakan beberapa faktor serta variabel yang muncul selama proses penelitian yang tidak dapat dikontrol secara langsung oleh peneliti.
Copyrights © 2022