IJELM (Indonesian Journal of Mathematics Education and Learning)
Vol. 4 No. 01 (2023): Indonesian Jurnal Of Education and Learning Mathematics (IJELM)

Analisis Problematika Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Matematika Pada Tingkat SMP

Sasomo, Budi (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jan 2024

Abstract

Pendidikan memiliki peran yang sangat signifikan dalam meningkatkan kualitas dan taraf hidup masyarakat serta mengembangkan kesadaran berpikir praktis dan kritis dalam mengatasi masalah. Dalam upaya menciptakan kondisi tersebut, matematika, sebagai salah satu ilmu dasar yang dipelajari dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi, memiliki peran penting dalam membentuk pola pikir praktis, kemampuan pemecahan masalah secara kritis, dan mendukung pemahaman terhadap studi-studi lainnya. Meskipun telah terjadi berbagai revolusi dalam dunia pendidikan, matematika masih sering dihadapi dengan ketakutan oleh siswa dan dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan analisis dan informasi terkait problematika atau masalah yang muncul dalam pelaksanaan konsep Merdeka Belajar dalam pembelajaran matematika. Metode kajian pustaka (literature review) digunakan dalam penelitian ini, melibatkan pengumpulan data dari berbagai sumber seperti jurnal, buku, artikel ilmiah, dan sebagainya untuk menggambarkan kejadian atau peristiwa tertentu. Berdasarkan data dan informasi yang diperoleh melalui penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa dalam pembelajaran matematika, diperlukan kreativitas dari guru serta penggunaan teknik dan metode yang tepat. Dalam konteks ini, program Merdeka Belajar diharapkan dapat berperan dalam menciptakan pembelajaran matematika yang efektif

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

IJELM

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

IJELM: Indonesian Journal of Mathematics Education and Learning is an information forum containing scientific research articles, literature studies, ideas, application of theory, critical analysis studies, and other research in the field of mathematics and mathematics education. But not limited to ...