Pendidikan memiliki peran yang sangat signifikan dalam meningkatkan kualitas dan taraf hidup masyarakat serta mengembangkan kesadaran berpikir praktis dan kritis dalam mengatasi masalah. Dalam upaya menciptakan kondisi tersebut, matematika, sebagai salah satu ilmu dasar yang dipelajari dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi, memiliki peran penting dalam membentuk pola pikir praktis, kemampuan pemecahan masalah secara kritis, dan mendukung pemahaman terhadap studi-studi lainnya. Meskipun telah terjadi berbagai revolusi dalam dunia pendidikan, matematika masih sering dihadapi dengan ketakutan oleh siswa dan dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan analisis dan informasi terkait problematika atau masalah yang muncul dalam pelaksanaan konsep Merdeka Belajar dalam pembelajaran matematika. Metode kajian pustaka (literature review) digunakan dalam penelitian ini, melibatkan pengumpulan data dari berbagai sumber seperti jurnal, buku, artikel ilmiah, dan sebagainya untuk menggambarkan kejadian atau peristiwa tertentu. Berdasarkan data dan informasi yang diperoleh melalui penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa dalam pembelajaran matematika, diperlukan kreativitas dari guru serta penggunaan teknik dan metode yang tepat. Dalam konteks ini, program Merdeka Belajar diharapkan dapat berperan dalam menciptakan pembelajaran matematika yang efektif
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023