IJELM (Indonesian Journal of Mathematics Education and Learning)
Vol. 3 No. 01 (2023): Indonesian Journal Of Education and Learning Mathematics (IJELM)

Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Di SMK Modern Ngawi

Amiratih, Amiratih Siti Aisyah (Unknown)
Faizatun Ni’mah, Dwita (Unknown)
Setiyorini , Endang (Unknown)
Endah Risdiana, Yeni (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan kurikulum merdeka belajar di SMK Modern Ngawi. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kurikulum merdeka belajar di SMK Modern Ngawi telah memberikan manfaat dalam meningkatkan kreatifitas siswa dan siswa lebih aktif dalam pembelajaran. Selain itu, guru juga bisa mengajar sesuai tahapan capaian dan perkembangannya. Namun, masih terdapat beberapa kendala dalam implementasi kurikulum merdeka belajar, seperti siswa yang pasif kurang bisa menyesuaikan, karena pada kurikulum merdeka ini banyak melakukan praktek, sedangkan biasanya mereka menyimak dan mendengarkan materi yang disampaikan oleh guru. Oleh karena itu, diperlukan upaya yang lebih lanjut untuk memperbaiki dan mengoptimalkan implementasi kurikulum merdeka belajar di jenjang SMK. Secara umum, keberadaan kurikulum merdeka ini menjadi tolak ukur baru tentang semakin berkembangnya proses pembelajaran yang terjadi di sekolah, sehingga bisa menjadi evaluasi bersama untuk terus mengembangkan potensi siswa yang ada

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

IJELM

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

IJELM: Indonesian Journal of Mathematics Education and Learning is an information forum containing scientific research articles, literature studies, ideas, application of theory, critical analysis studies, and other research in the field of mathematics and mathematics education. But not limited to ...