Journal of Innovative and Creativity
Vol. 5 No. 2 (2025)

Integrasi Nilai Islam dalam Manajemen Pendidikan: Kerangka Pengembangan Kurikulum yang Berbasis Islam

Susilo Surahman (UIN Raden Mas Said Surakarta)



Article Info

Publish Date
04 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana integrasi nilai-nilai Islam dalam kurikulum pendidikan Islam diimplementasikan di beberapa lembaga pendidikan Islam di MAN 2 dan SMAIT Insan Mulia Surakarta. Dengan pendekatan kualitatif, penelitian ini dikhususkan untuk mencari beberapa masalah yang berkaitan dengan pelaksanaan kurikulum berbasis nilai Pendidikan Nilai Islam. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan beberapa teknik pengumpulan data, yaitu: wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen kurikulum di sekolah-sekolah serta madrasah Islam. Berdasarkan hasil penelitian ini, sebagian besar lembaga pendidikan Islam tidak ketinggalan zaman, meskipun sebagian besar lembaga pendidikan Islam di Surakarta menghadapi tantangan seperti kurangnya fasilitas, sumber daya yang ada, dan resistensi terhadap perubahan, tetapi banyak pula lembaga yang telah berupaya mengintegrasikan nilai-nilai Islam dalam pelajaran agama maupun pelajaran umum. Penelitian ini juga membuktikan bahwa penerapan kurikulum Pendidikan Nilai Islam yang integratif lebih efektif dalam membentuk karakter dan nilai-nilai moral siswa. Temuan ini menunjukkan bahwa meskipun ada tantangan dalam pelaksanaan Pendidikan Nilai Islam, ada peluang besar untuk percaya bahwa ini dapat menawarkan janji besar untuk pengembangan siswa tidak hanya secara akademis, tetapi juga menyelaraskan perilaku mereka dengan moral yang baik berdasarkan Islam.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

joecy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal of Innovative and Creatifity (JOECY) publishes research articles in the field of education which report empirical research on topics that are significant across educational contexts, in terms of design and findings. The topic could be in curriculum, teaching learning, evaluation, quality ...