Penelitian ini mengkaji fitrah dan potensi manusia dalam perspektif filsafat pendidikan Islam, dengan tujuan untuk mengidentifikasi nilai-nilai dasar yang dimiliki manusia. Pemaknaan terhadap fitrah dan citra manusia dalam perspektif Islam sangat dibutuhkan di tengah berbagai tantangan yang dihadapi dunia pendidikan yang semakin kompleks saat ini. Melalui analisis mendalam mengenai konsep fitrah dan potensi manusia dalam perspektif filsafat pendidikan Islam, penelitian ini diharapkan dapat memberi kontribusi positif terhadap pemahaman mengenai fitrah dan potensi manusia yang memiliki peluang untuk berkembang serta dapat dioptimalkan melalui pendidikan yang sesuai dengan nilai-nilai Islam. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan metode studi kepustakaan yang melibatkan kajian mendalam dan penelaahan terhadap teks-teks yang berkenaan dengan filsafat pendidikan Islam, khususnya yang berkaitan erat dengan konsep fitrah dan potensi manusia dalam perspektif filsafat pendidikan Islam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa istilah fitrah juga dimaknai sebagai potensi, namun dalam konteks yang lebih khusus istilah fitrah dan istilah potensi juga memiliki makna khususnya masing-masing tergantung konteksnya. Landasan teologis fitrah diantaranya dalam QS Ar-Rum ayat 30. Adapun landasan teologis mengenai potensi diantaranya dalam QS At-Tin ayat 4, QS Asy-Syams ayat 7-9, QS An-Nahl ayat 78. Pendidikan Islam, dalam hal ini bertugas untuk mengembangkan fitrah dan potensi manusia secara menyeluruh dengan tarbiyah imaniyah, tarbiyah khuluqiyah, tarbiyah islamiyah, tarbiyah aqliyah, tarbiyah nafsiyah, tarbiyah ijtima’iyah.  
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024