Iftitiah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Vol. 1 No. 1 (2019): IFTITIAH: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Mengenal Teori Kognitivisme: Strategi Pembelajaran Aktif dan Efektif

Azizah, Muasromatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Mar 2025

Abstract

Artikel ini membahas teori-teori utama dalam paradigma kognitivisme serta penerapannya dalam pembelajaran. Kognitivisme memfokuskan perhatian pada proses internal yang terjadi dalam pikiran manusia saat menerima, menyimpan, dan menggunakan informasi. Beberapa teori utama dalam kognitivisme yang dibahas antara lain Teori Pemrosesan Informasi, Teori Skema, Teori Konstruktivisme, dan Teori Memori. Selain itu, artikel ini juga mengulas komponen utama dalam model pembelajaran pemrosesan informasi seperti input, proses, memori jangka panjang, dan output, serta strategi pengajaran yang mendukung pengolahan informasi secara efektif. Penerapan model kognitivisme dalam pembelajaran melibatkan berbagai metode, termasuk Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pembelajaran Kooperatif, yang bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan aktif siswa dalam proses belajar. Artikel ini juga menyimpulkan kelebihan dan kekurangan paradigma kognitivisme dalam konteks pendidikan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ijpiaud

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Neuroscience Nursing Other

Description

IFTITIAH: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini (IJIPIAUD) accepts articles that have never been published in other print media. The scope of IJIPIAUD articles includes: development of moral and religious values, physical motor development, social emotional development, cognitive ...