Iftitiah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Vol. 1 No. 1 (2019): IFTITIAH: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Penerapan Model Kognitivisme dalam Desain Pembelajaran

RizkaSaomi, Muhamad (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Mar 2025

Abstract

Artikel ini membahas model pembelajaran kognitivisme yang berfokus pada pemrosesan informasi dan peran proses mental dalam pembelajaran. Teori kognitivisme memandang bahwa pembelajaran terjadi melalui pengolahan informasi yang diterima, disimpan, dan digunakan untuk pengambilan keputusan atau pemecahan masalah. Hal ini berbeda dari behaviorisme yang lebih menekankan pada stimulus dan respons. Pembelajaran dipandang sebagai proses aktif yang melibatkan perhatian, persepsi, memori, dan pemikiran, yang diorganisasi dalam struktur mental atau skema. Tokoh-tokoh utama dalam teori kognitivisme, seperti Jean Piaget, Lev Vygotsky, Robert M. Gagné, dan David Paul Ausubel memberikan kontribusi penting terhadap pengembangan pemahaman tentang pembelajaran. Piaget mengemukakan teori perkembangan kognitif yang membagi perkembangan anak menjadi empat tahap, sedangkan Vygotsky menekankan pentingnya interaksi sosial dalam pembentukan kognisi anak melalui konsep zone of proximal development. Gagné, di sisi lain, mengembangkan model yang mengidentifikasi berbagai jenis pembelajaran dan kondisi instruksional yang diperlukan untuk mencapai hasil belajar yang optimal. Artikel ini mengulas berbagai pendekatan dan kontribusi tersebut dalam konteks model pembelajaran kognitivisme, serta penerapannya dalam desain pembelajaran yang lebih efektif.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ijpiaud

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Neuroscience Nursing Other

Description

IFTITIAH: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini (IJIPIAUD) accepts articles that have never been published in other print media. The scope of IJIPIAUD articles includes: development of moral and religious values, physical motor development, social emotional development, cognitive ...