Jurnal kiprah pendidikan
Vol. 1 No. 2 (2022): Jurnal Kiprah Pendidikan | April 2022

STUDI ETNOBOTANI MASYARAKAT SUKU USING KABUPATEN BANYUWANGI PEWARNA ALAMI UNTUK MATA KULIAH ETNOBOTANI

Ridianingsih, Dwi Swastanti (Unknown)
Aini, Meliyana (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan dalam pembelajaran etnobotani. Jenis penelitian adalah penelitian studi Etnobotani yang dilakukan melalui survei lapangan dengan dua tahap yaitu, metode observatif (penentuan responden) dan survei Eksploratif (kegiatan wawancara). Penelitian studi Etnobotani Masyarakat Using ini diharapkan menjadi solusi dalam pembelajaran Etnobotani di Perguruan Tinggi. Hasil penelitian studi Etnobotani untuk pewarna alami didapatkan 12 spesies tumbuhan dari sembilan Famili antara lain: Zingiberaceae, Pandanaceae, Cactaceae, Mussaceae, Poaceae, Verbenaceae, Euphorbiaceae, Rubiaceae, Arecaceae. Beberapa dimanfaatkan sebagai pewarna alami dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Suku Using Kabupaten Banyuwangi, dengan adanya penelitian ini sangat bermanfaat dalam pengenalan nama ilmiah tumbuhan, dan klasifikasi tumbuhan bermanfaat khususnya pada pembelajaran dikelas, sehingga mahasiswa tidak hanya mengerti manfaatnya saja tetapi mereka juga mengerti klasifikasi dari tumbuhanan tersebut.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

kpd

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Kiprah Pendidikan [ ISSN 2827-8909 (online) | 2810-0433 (print) ] is a peer-reviewed academic journal that focuses on the development and dissemination of knowledge in the field of education and teaching. The journal publishes original research articles, literature reviews, classroom action ...