Jurnal kiprah pendidikan
Vol. 1 No. 2 (2022): Jurnal Kiprah Pendidikan | April 2022

PERAN KEPALA MADRASAH DALAM SUPERVISI PEMBELAJARAN GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH FATULMUBIN

Asia Boy, Nur (Unknown)
Sengaji, Asmawati R. (Unknown)
Almuhtadi Billah, Louay (Unknown)
Nizam, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab mengenai peran Kepala Madrasah dalam supervisi pembelajaran guru di MIS Fatulmubin. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, kuisioner dan dokumentasi. Hasil penelitian wawancara menunjukkan bahwa Supervisi yang dilakukan oleh Kepala Madrasah terhadap guru maupun pegawai dengan cara membuat pembinaan, mensosialisasikan, membuat jadwal pelaksanaan, menganalisis dan mengambil tindakan lanjut berjalan dengan baik serta peran Kepala Madrasah dalam supervisi mengunjungi kelas sangatlah penting karena untuk memperbaiki kinerja guru, yaitu pengajaran agar lebih baik lagi. Serta berguna untuk meningkatkan daya tarik bagi siswa untuk terciptanya kelas dalam kondisi yang menyenangkan dan nyaman untuk berjalannya proses belajar mengajar. Pelaksanaan supervisi pembelajaran oleh kepala madrasah diklaim sangat baik sebab hasil supervisi tersebut guru mampu mendapatkan pengetahuan serta pula guru mampu mengetahui kekurangan dan kelebihan mereka selama ini dalam melaksanakan tugas menjadi pendidik.  

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

kpd

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Kiprah Pendidikan [ ISSN 2827-8909 (online) | 2810-0433 (print) ] is a peer-reviewed academic journal that focuses on the development and dissemination of knowledge in the field of education and teaching. The journal publishes original research articles, literature reviews, classroom action ...