Jurnal kiprah pendidikan
Vol. 2 No. 1 (2023): Jurnal Kiprah Pendidikan | Januari 2023

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) BERBASIS LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI MAHASISWA

Dwi Swastanti Ridianingsih (Universitas Bakti Indonesia)
Meliyana Aini (Universitas Bakti Indonesia)
Indah Yunitasari (Universitas Bakti Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2023

Abstract

Perkembangan dunia globalisasi dihadapkan pada tantangan dan persaingan antar individu dan menuntut individu memiliki sebuah kualitas yang baik, yaitu adanya keterampilan berfikir, keterampilan berkomunikasi, keterampilan bertindak dan juga keterampilan menjalani kehidupan. Hasil observasi yang dilakukan dari beberapa minggu di kelas A matakuliah Belajar dan Pembelajaran pada mahasiswa S1 banyak permasalahan yang muncul yaitu kurangnya aktivitas siswa dalam belajar misalnya dalam kemampuan berpendapat (komunikasi), mahasiswa masih banyak yang kurang aktif dalam mengemukakan pendapatnya dan cenderung pasif, mereka aktif bila ditunjuk oleh dosen. Oleh karena itu diperlukan solusi untuk mengukur kemampuan berkomunikasi (lisan dan tulis). Solusi yang diberikan yaitu penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) berbasis Lesson Study. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi mahasiswa program studi pendidikan biologi pada mata kuliah Belajar dan Pembelajaran. penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) berbasis Lesson Study. dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi secara lisan dan tulis mahasiswa yang di tunjukkan dengan rata-rata yang didapatkan pada siklus I lisan 83,5 dan tulis 90,03; pada siklus II nilai rata-rata kelas kemampuan berkomunikasi lisan 95,9 dan tulis 94,59

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

kpd

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Kiprah Pendidikan [ ISSN 2827-8909 (online) | 2810-0433 (print) ] is a peer-reviewed academic journal that focuses on the development and dissemination of knowledge in the field of education and teaching. The journal publishes original research articles, literature reviews, classroom action ...