Jurnal kiprah pendidikan
Vol. 2 No. 2 (2023): Jurnal Kiprah Pendidikan | April 2023

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN LIVEWORKSHEET DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL

Faidah, Nahdiyah Nur (Unknown)
Hadiansah (Unknown)
Listiawati, Mila (Unknown)
Yamin, Imam M (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan hasil belajar kognitif siswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan media liveworksheets. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperiment, dengan nonequivalent control group design. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran dengan menggunakan media liveworksheets terlaksana dengan kategori yang “Sangat baik” sesuai data keterlaksanaan memperoleh rata-rata presentase 87% pada pertemuan pertama, 81%% pada pertemuan kedua, dan 86% pada pertemuan ketiga. Peningkatan hasil belajar siswa mendapatkan nilai rata-rata n-gain pada kelas eksperimen sebesar 0,62 dengan kategori sedang sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,47 dengan kategori sedang. Hasil uji hipotesis menggunakan Mann-Whitney U juga menunjukan Sig. 2-tailed (0,000) ≤ Ttabel (α = 0,05) berarti terdapat perbedaan antara kedua kelas. Indikator hasil belajar yang memiliki kategori pencapaian paling baik adalah indikator menyebutkan penyebab pemanasan global sebesar 0,92 dengan kategori tinggi. Rata-rata persentase respon siswa terhadap pembelajaran AIR sebesar 75,5% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan data hasil penelitian ini penggunaan media liveworksheets berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar kognitif siswa serta membuat siswa lebih aktif dan kreatif

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

kpd

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Kiprah Pendidikan [ ISSN 2827-8909 (online) | 2810-0433 (print) ] is a peer-reviewed academic journal that focuses on the development and dissemination of knowledge in the field of education and teaching. The journal publishes original research articles, literature reviews, classroom action ...