Penelitian ini menghasilkan buku ajar keterampilan menulis nonsastra menggunakan pendekatan proses pada siswa SMP/MTS kelas VIII, mengungkapkan kelayakan buku ajar yang dihasilkan tersebut. Penelitian dan pengembangan menggunakan model ADDIE lima tahap yakni, tahap analisis, tahap perancangan, tahap pengembangan, tahap pelaksanaan, tahap penilaian. Uji produk dilakukan tiga kali yaitu ahli materi, ahli kegrafikan, guru-guru pelajaran Bahasa Indonesia SMP/MTS, dan siswa kelas VIII dari SMP Trunojoyo dan SMP Daruttaqwa Jombang. Pengumpulan data melalui wawancara angket untuk analisis awal, angket, ahli materi, ahli kegrafikan, guru, siswa. Materi buku ajar terdiri dari lima bab pelajaran, yaitu menulis teks berita, menulis teks iklan, menulis teks eksposisi, menulis teks eksplanasi, dan menulis teks persuasi. Buku ajar dihasilkan “sangat layak” dengan persentase 85,25% dari ahli materi, dan 95,75% dari ahli kegrafikan. Menurut para guru, aspek isi, bahasa, penyajian, dan kegrafikan mendapat predikat “sangat layak” dengan presentase 86,5% skor rata-rata 3,46 dari skala 4. Respon dari 21 siswa dari dua sekolah yang berbeda terhadap buku tersebut menunjukkan bahwa buku tersebut “sangat layak” dengan presentase 84,5% dan skor rata-rata 3, 38 dari skala 4
Copyrights © 2023