Jurnal kiprah pendidikan
Vol. 2 No. 3 (2023): Jurnal Kiprah Pendidikan | Juli 2023

MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL BAIMAN PADA MUATAN PPKn KELAS V SDN ALALAK SELATAN 1

Dwiyanti, Maulia (Unknown)
Hidayat, Ari (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2023

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar dan keterampilan berpikir kritis siswa. Mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa pada muatan PPKn. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis, dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Alalak Selatan 1 yang berjumlah 31 siswa, terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan, pada semester 1 tahun ajaran 2022/2023. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan IV telah terlaksana dengan kriteria ”Sangat Baik”. Aktivitas siswa pada pertemuan IV menjadi 100% dan memperoleh kriteria ”Sangat Aktif”. Adapun keterampilan berpikir kritis pada pertemuan IV menjadi 100% dan memperoleh kriteria ”Sangat Terampil”. Hasil belajar siswa aspek kognitif secara klasikal pada pertemuan 4 menjadi 100% tuntas. Hasil belajar aspek afektif siswa secara klasikal pada pertemuan 4 menjadi 100%. Hasil belajar psikomotorik siswa secara klasikal pada pertemuan 4 menjadi 100%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

kpd

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Kiprah Pendidikan [ ISSN 2827-8909 (online) | 2810-0433 (print) ] is a peer-reviewed academic journal that focuses on the development and dissemination of knowledge in the field of education and teaching. The journal publishes original research articles, literature reviews, classroom action ...