Jurnal kiprah pendidikan
Vol. 2 No. 4 (2023): Jurnal Kiprah Pendidikan | Oktober 2023

MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA MUATAN PPKN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GASING KELAS V SDN PANGERAN 2

Syafitri, Yuliani (Unknown)
Hidayat, Ari (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini berfokus pada rendahnya aktivitas, hasil belajar siswa.. Penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan. Dikelas V SDN Pangeran 2 Banjarmasin. Yang berjumlah 12 orang siswa. Data yang diambil diperoleh melalui observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes tertulis secara kelompok dan individu. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari skor 22 dengan kriteria cukup baik meenjadi 33 dengan kritea sangat baik. Observasi aktivitas siswa pada pertemuan 1 sampai 4 secara klasikal meningkat dari 50% dengan kriteria cukup baik menjadi 100% dengan kriteria sangat baik. Observasi aktivitas hasil belajar siswa pada pertemuan 1 sampai 4 secara klasikal meningkat dari 25% dengan kriteria kurang aktif menjadi 100%. Hasil belajar dan minat belajar afektif siswa secara klasikal pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari 25% menjadi 100%. Hasil belajar aspek psikomotorik siswa secara klasikal pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari 50% menjadi 100%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model GASING dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada pembelajaran PPKn.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

kpd

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Kiprah Pendidikan [ ISSN 2827-8909 (online) | 2810-0433 (print) ] is a peer-reviewed academic journal that focuses on the development and dissemination of knowledge in the field of education and teaching. The journal publishes original research articles, literature reviews, classroom action ...