Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran layanan bimbingan pribadi terhadap karakter kejujuran anak. Subjek penelitian sebanyak 2 anak SD kelas V MI Cibolang kaler dengan menggunakan teknik random sampling. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan secara triangulasi melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa layanan bimbingan pribadi memiliki pengaruh positif terhadap karakter kejujuran anak. Melalui observasi, ditemukan bahwa anak-anak yang menerima layanan bimbingan pribadi lebih cenderung menunjukkan perilaku jujur dalam berbagai situasi. Wawancara dengan anak-anak dan dokumentasi aktivitas bimbingan menegaskan peran signifikan layanan tersebut dalam membentuk nilai-nilai kejujuran. Implikasi dari penelitian ini dapat memberikan pandangan yang lebih jelas tentang pentingnya integrasi layanan bimbingan pribadi dalam pendidikan anak untuk mengembangkan karakter kejujuran sejak dini.
Copyrights © 2024