Jurnal kiprah pendidikan
Vol. 3 No. 2 (2024): Jurnal Kiprah Pendidikan | April 2024

Penggunaan Media 3 Dimensi Bangun Ruang untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pembelajaran Matematika

Sintia, Irne (Unknown)
Kusmana, Dinda Afrisa (Unknown)
Alicia, Vicky Dinda Hawa (Unknown)
Putri, Alya Ihsani (Unknown)
Kurnia, Budi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan media tiga dimensi bangun ruang dalam meningkatan minat belajar siswapada mata pembelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang tidak jauh berbeda dari prinsip yang digunakan dalam jenis penelitian lain. Sampel penelitian terdiri dari pemilihan sampel secara acak pada kelas 4 di SDN 1 Cimahi yang berjumlah 29 orang yang terdiri dari 15 orang anak perempuan dan 14 anak laki-laki. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media tiga dimensi dalam pembelajaran matematika secara signifika meningkatkan minat belajar siswa. Data yang diperoleh dari hasil tes menunjukan peningkatan yang signfikan setelah interpensi media tiga dimensi ditetapkan. Siswa menunjukan antusiasme yang lebih tinggi dan keterlibatan yang lebih aktif selama proses pembelajaran, yang berkontribusi pada pemahaman yang lebih baik pada pemahaman konsep bangun ruang. 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

kpd

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Kiprah Pendidikan [ ISSN 2827-8909 (online) | 2810-0433 (print) ] is a peer-reviewed academic journal that focuses on the development and dissemination of knowledge in the field of education and teaching. The journal publishes original research articles, literature reviews, classroom action ...