Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum
Vol 3 No 2 (2025): 2025

Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam Penguatan Literasi Digital pada Generasi Milenial

Silvina Waroh (Unknown)
Amelia Putri (Unknown)
Gusmaneli (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2025

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah mengubah cara hidup dan pola pikir generasi milenial secara signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penguatan literasi digital yang terintegrasi dengan nilai-nilai Islam bagi generasi milenial. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif melalui studi literatur yang mengeksplorasi berbagai sumber ilmiah dan relevan. Data dianalisis secara deskriptif untuk membangun pemahaman mendalam terkait konsep literasi digital Islami. Hasil menunjukkan bahwa literasi digital tidak hanya sebatas keterampilan teknis, tetapi juga menyangkut aspek etika, tanggung jawab, dan nilai-nilai moral yang sejalan dengan ajaran Islam. Faktor utama yang mempengaruhi literasi digital meliputi keterampilan fungsional, komunikasi, berpikir kritis, dan pendekatan pembelajaran yang relevan. Strategi penguatan literasi digital berbasis pendidikan Islam mencakup integrasi nilai dalam pembelajaran, pelatihan guru, serta pengembangan kurikulum yang adaptif. Kesimpulan literasi digital berbasis nilai-nilai Islam mampu membentuk generasi milenial yang cakap teknologi sekaligus berkarakter

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

AlZayn

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum dengan e-ISSN 3026-2917 p-ISSN 3026-2925 Prefix DOI 10.61104. adalah jurnal akses terbuka peer-reviewed dan mengikuti kebijakan single-blind review. Artikel ilmiah pada Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum merupakan hasil penelitian orisinal, ide konseptual, dan ...