Edukasi
Vol 13 No 1 (2025): EDUKASI

Penerapan Critical Pendagogy Dalam Mengembangkan Kesadaran Sosial Dan Politik Peserta Didik Melalui Pendidikan Ilmu Sosial

Khoiri, M (Unknown)
Aqshal Arlian Raya (Unknown)
Abdul Rahmad (Unknown)
Syahputra Perdana (Unknown)
Ashari Efendi (Unknown)
Bin Ahmad, Zaid (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan kesadaran kritis dan pemahaman politik siswa melalui penerapan pedagogi kritis dalam pendidikan ilmu pengetahuan sosial. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi, penilaian, dan dokumentasi di SMAN 7 Surakarta. Penelitian ini berfokus pada evaluasi kemampuan siswa dalam mengidentifikasi ketidakadilan sosial, menganalisis struktur kekuasaan, dan terlibat dalam isu-isu politik baik secara lokal maupun global. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa menunjukkan tingkat pemikiran kritis yang baik dalam mengenali ketidakadilan sosial dan memahami pengaruh keputusan politik terhadap kehidupan sehari-hari. Selain itu, siswa menunjukkan komitmen aktif terhadap perubahan sosial dan politik dengan mengekspresikan pendapat mereka secara etis dan mencari solusi untuk masalah sosial. Temuan ini menunjukkan bahwa mengintegrasikan pedagogi kritis ke dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial secara efektif menumbuhkan siswa yang sadar secara sosial dan politik, sejalan dengan tujuan pendidikan kewarganegaraan untuk menciptakan anggota masyarakat yang reflektif, bertanggung jawab, dan aktif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

judek

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL EDUKASI adalah jurnal yang mengkaji tentang pendidikan dan pembelajaran. Mencakup multidisplin ilmu pendidikan. Jurnal ini diterbitkan dua kali dalam setahun yaitu pada bulan April dan November. Dipublikasikan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam ...