Synergy In Economic & Business Management (SEBM)
Vol. 1 No. 2 (2024): Navigating the Disruption: Strategies for a Dynamic Business Environment

Efektivitas Media Sosial sebagai Platform Pemasaran Online bagi Merek Apparel Olahraga Lokal

Daffa Hafizh Dzamara (Unknown)
Tri Esti Rahayuningtyas (Unknown)
Moch. Sjamsul Hidajat (Unknown)
Dibyo Adi Wibowo (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendalami efektivitas media sosial sebagai platform pemasaran online bagi merek apparel olahraga lokal di Indonesia. Dengan pendekatan kualitatif, penelitian ini menganalisis peran media sosial dalam meningkatkan kesadaran merek, interaksi konsumen, dan penjualan. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan 10-15 konsumen, dan pemilik tiga brand apparel olahraga lokal yang berfokus pada berbagai segmen pasar. Wawancara dilakukan dengan menggunakan daftar pertanyaan terbuka yang mencakup tema seperti strategi pemasaran, tantangan, dan pengalaman menggunakan media sosial sebagai platform pemasaran. Durasi setiap wawancara adalah sekitar 45-60 menit, dilakukan secara langsung atau melalui panggilan video, untuk memastikan fleksibilitas dan kenyamanan partisipan. analisis konten pada platform media sosial seperti Instagram, TikTok, Facebook, dll. Temuan menunjukkan bahwa media sosial berkontribusi signifikan terhadap promosi produk, penciptaan komunitas, dan penguatan citra merek. Faktor keberhasilan meliputi konsistensi dalam pembuatan konten, penggunaan influencer lokal, dan interaksi aktif dengan konsumen. Penelitian ini memberikan implikasi praktis bagi pemilik usaha kecil untuk memanfaatkan media sosial secara strategis. Namun, keterbatasan pada ukuran sampel menunjukkan perlunya penelitian lanjutan dengan cakupan yang lebih luas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SEBM

Publisher

Subject

Humanities

Description

Synergy in Economic & Business Management (SEBM) (registered number e-ISSN 3063-7945) is a leading academic journal dedicated to exploring the intricate connections between economic theory and business management practices. Our mission is to provide a platform for scholars, practitioners, and ...