Synergy In Economic & Business Management (SEBM)
Vol. 1 No. 2 (2024): Navigating the Disruption: Strategies for a Dynamic Business Environment

Peran Micro-Influencer dalam Meningkatkan Keterlibatan Konsumen melalui eWOM di Instagram: Studi Kasus pada Sektor Perhotelan

Zumrotus Sholikhah (Unknown)
Choerul Umam (Unknown)
Widyatmoko (Unknown)
Tri esti rahayuningtyas (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran mikro-influencer dalam meningkatkan keterlibatan konsumen melalui electronic Word-of-Mouth (eWOM) di Instagram dalam konteks sektor perhotelan. Di era digital saat ini, mikro-influencer telah menjadi salah satu strategi pemasaran yang efisien karena mereka dianggap lebih jujur dan dekat dengan konsumen dibandingkan dengan selebriti besar. Dengan menerapkan metode analisis konten kualitatif, penelitian ini menganalisis bagaimana konten yang diciptakan oleh mikro-influencer dapat mempengaruhi pandangan dan keterlibatan konsumen. Data dikumpulkan melalui pengamatan langsung terhadap 50 unggahan dari 10 mikro-influencer yang dipilih berdasarkan kriteria dengan jumlah pengikut (10.000–100.000), tingkat keterlibatan, dan relevansi konten. Temuan menunjukkan bahwa micro-influencer dapat menghasilkan electronic Word-of-Mouth (eWOM) positif melalui konten visual yang menarik, deskripsi yang informatif, serta interaksi aktif dengan pengikut di kolom komentar. Hal ini berdampak pada peningkatan keterlibatan konsumen, yang tercermin dari meningkatnya jumlah like, komentar, dan pembagian ulang konten. Penelitian ini memberikan wawasan strategi bagi sektor perhotelan untuk memanfaatkan mikro-influencer sebagai alat pemasaran digital yang efektif guna meningkatkan kesadaran merek dan loyalitas konsumen.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SEBM

Publisher

Subject

Humanities

Description

Synergy in Economic & Business Management (SEBM) (registered number e-ISSN 3063-7945) is a leading academic journal dedicated to exploring the intricate connections between economic theory and business management practices. Our mission is to provide a platform for scholars, practitioners, and ...