Primary Didactic: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar
Vol 1 No 2 (2021): Primary Didactic: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar

KEMAMPUAN BERPIKIR KRATIF DALAM MEMECAHKAN MASALAH PERSEGI PANJANG DI SD NEGERI 7 AMBON

Rumteh, Anita (Unknown)
Ishabu, La Suha (Unknown)
Takaria, Johannis (Unknown)
Pasalbessy, Chyntia (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah matematika di kelas IV SD Negeri 7 Ambon. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Pengambilan data dilakukan pada siswa yang memiliki kemampuan matematika tinggi dengan kriteria memiliki kemampuan matematika sehari-hari yang baik, serta dapat mengkomunikasikan idenya dalam pembelajaran matematika di kelas. Ada 2 subjek penelitian yang dipilih yakni subjek dengan kemampuan tinggi dan subjek dengan kemampuan sedang. Hasil penelitian menunjukkan subjek dengan kemampuan tinggi mampu memenuhi seluruh indikator kemampuan berpikir kreatif yaitu indicator fluency atau kefasihan, indikator fleksibel atau fleksibilitas dan indikator kebaruan. Sementara subjek dengan kemampuan sedang hanya mampu memenuhi dua indikator kemampuan berpikir kreatif yakni indicator fluency atau kefasihan dan indikator fleksibel atau fleksibilitas, namun belum mampu dalam memenuhi indikator kebaruan

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

didactic

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Primary Didactic berfokus pada hasil penelitian terkait penelitian pendidikan di bidang konsep ilmiah pendidikan dasar yang meliputi matematika, sains, ilmu sosial, kewarganegaraan, dan bahasa Indonesia pendidikan pada pendidikan sekolah dasar serta dinamika pendidikan yang berdampak pada ...